3-manfaat-AI-dalam-transportasi

3 manfaat AI dalam transportasi

Artificial Intelligence (AI) telah berhasil membuat dunia transportasi memasuki era yang sangat canggih! Dulu, orang terobsesi dengan mobil terbang yang berhasil divisualisasikan dengan sempurna dalam cerita film. Namun, sebelum mobil terbang benar-benar siap untuk dikomersialkan, terlebih dahulu kita disuguhi kehadiran mobil self-driving.

3-manfaat-AI-dalam-transportasi

Sekarang, Anda dapat duduk dengan indah di belakang kemudi sambil membaca berita

di smartphone Anda dan mobil Anda dapat berjalan dengan sendirinya. Pengembang berhasil menanamkan kecerdasan buatan ke dalam mobil sehingga moda transportasi ini bisa bergerak sendiri dengan meniru cara kerja manusia. Tidak salah lagi, AI memang memberikan banyak manfaat di bidang transportasi.

Apa Manfaat AI dalam Transportasi?

AI merupakan salah satu dari sekian banyak pilihan untuk menjawab berbagai permasalahan di dunia transportasi. Diadaptasi dari Forbes.com, AI bisa menjawab empat masalah, yakni masalah kemacetan, keselamatan penumpang, pengeluaran, dan pengurangan emisi gas. Untuk mengatasi masalah ini, apa yang ditawarkan AI?

Kurangi Kemacetan dengan Mengatur Lalu Lintas Kendaraan

AI hadir untuk mengganggu kenyamanan Anda dengan kemacetan yang telah menghantui Indonesia selama bertahun-tahun! Teknologi AI ini mulai menyasar sistem transportasi yang masih bisa dikembangkan. Nantinya, AI bisa membantu pemerintah dalam mengatur lalu lintas kendaraan. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah Public Mobility Monitoring.

Melalui kamera CCTV yang dipasang di jalanan, Anda bisa memantau kepadatan area tertentu. Nantinya data tersebut akan dikirim ke cloud dan diproses oleh data analytics bersama dengan AI. Informasi ini dapat digunakan untuk memprediksi kemacetan.

Petugas juga dapat mengatur mobilitas kendaraan secara efektif dan efisien sesuai dengan kondisi di lapangan. Diantaranya penutupan jalan, PPSB, dan kecelakaan yang dapat menghambat kelancaran arus lalu lintas. Ketika kemacetan bisa diatasi, volume emisi gas buang bisa dikurangi!

Jika Anda tertarik dengan layanan ini, jangan ragu untuk segera menghubungi tim kami. Hal ini karena kami memiliki layanan Public Mobility Monitoring dengan teknologi AI yang efektif untuk mengatur lalu lintas dan kepadatan kendaraan.
Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik, Tidak Lagi Menunggu di Bandara!

Jika Anda menghitung, berapa banyak snack box yang Anda terima selama ini karena penundaan penerbangan? Tentu saja, kompensasi ini sepertinya tidak sebanding dengan waktu yang terbuang untuk menunggu di bandara, bukan? Namun dengan AI, Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu berjam-jam di bandara karena harus menunggu dengan pihak maskapai.

AI diyakini mampu meningkatkan pelayanan kepada pelanggan terutama dalam proses penyediaan informasi penerbangan secara cepat. Anda dapat memeriksa penerbangan, kondisi cuaca, dan pembaruan penerbangan secara real time.

Hal ini berkat layanan AI dan machine learning yang dapat memberikan informasi secara real time kepada penumpang. Dengan informasi ini, Anda bisa langsung menjadwal ulang atau melakukan aktivitas lain tanpa harus menghabiskan waktu di bandara. Nah, dengan AI, sistem transportasi udara ini pasti akan menjadi lebih tepat waktu dan teratur.
Efisiensi SDM dengan Menggunakan Mobil Self-driving

Mobil self-driving adalah salah satu moda transportasi ala film yang berhasil diwujudkan di dunia nyata! Saat pertama kali dikembangkan, tak sedikit yang mengira proyek ini hanyalah hoax belaka. Mungkin, nasib yang sama harus dihadapi oleh para pengembang mobil terbang karena proses realisasinya masih dipertanyakan.

Namun, pada akhirnya, pengembang berhasil mematahkan pesimisme publik dengan mewujudkan mobil self-driving! Konsepnya tidak bisa 100% tanpa campur tangan manusia. Untuk pertimbangan keselamatan, mobil self-driving ini tetap harus ‘dikendalikan’ oleh manusia.

Lalu, jika keduanya melibatkan ‘manusia’ dalam pengoperasiannya, apa bedanya mobil self-driving dengan mobil biasa? Kita bisa menggunakan mobil ini seperti asisten pribadi. Anda akan lebih produktif karena bisa multitasking saat berkendara. Hal ini tentu saja akan sulit dilakukan jika mengendarai mobil biasa.

Dengan mobil self-driving, Anda bisa melakukan beberapa aktivitas sekaligus sambil duduk di belakang kemudi mobil. Misalnya, mengecek laporan, membaca berita, sarapan roti, atau quality time dengan orang yang duduk di sebelah Anda.

Dari perspektif bisnis, kendaraan self-driving dapat membantu mengurangi pengeluaran perusahaan. Pasalnya, teknologi ini bisa menekan biaya perawatan dan administrasi, apalagi jika nantinya beroperasi di daerah terpencil. Ke depan, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi SDM dengan menggunakan kendaraan self-driving yang tidak membutuhkan pengemudi.

Meskipun adopsi AI memiliki pro dan kontra, kita tidak bisa menutup mata betapa besar manfaat AI bagi kehidupan.

LIHAT JUGA :

https://www.chip.co.id/x8-speeder/
https://teknosentrik.com/yandex-blue-china/
https://teknosentrik.com/45-76-3345-76-33-x-44/
https://teknosentrik.com/111-90-150-204-video/
https://www.chip.co.id/sedekah-cf/
https://www.i4startup.id/vsco-mod-apk/
https://www.chip.co.id/higgs-domino/
https://www.chip.co.id/vsco-mod-apk/
https://www.i4startup.id/gta-sa-lite/
https://www.sudoway.id/cara-menggunakan-lulubox/
https://www.atursaja.com/2129/cara-menghilangkan-suara-vokal-pada-lagu-di-youtube/
https://www.atursaja.com/1338/cara-top-up-ovo-di-indomaret/
https://www.atursaja.com/2285/cara-mengetahui-password-wifi-yang-sudah-terhubung/
https://www.atursaja.com/1964/cara-daftar-internet-banking-mandiri-online/
https://dolanyok.com/x8-sandbox-apk/
https://liga-indonesia.id/x8ds-com-china-apk/
https://snapcard.id/
https://www.masukptn.id/
https://teknosentrik.com/185-62-l53-200/
https://teknosentrik.com/18-di-google/