Menabung Saham untuk Keuntungan Jangka Panjang

Menabung Saham untuk Keuntungan Jangka Panjang

Cara berinvestasi saham untuk pemula sebagai aset jangka panjang

Menabung Saham untuk Keuntungan Jangka Panjang

Cara mudah berinvestasi saham untuk pemula

Saham kini semakin dikenal masyarakat, seiring dengan perkembangan teknologi dan derasnya arus informasi. Bagi Anda yang masih baru, ada beberapa cara berinvestasi saham untuk pemula dengan mudah dan aman, sebagai berikut:
1. Menentukan Perusahaan Efek terlebih dahulu

Cara pertama berinvestasi saham untuk pemula adalah dengan menentukan di mana perusahaan sekuritas tempat Anda berdagang saham.

Perusahaan efek merupakan perantara kegiatan jual beli saham dan juga akan membantu pembukaan rekening di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dalam memilih perusahaan efek, pastikan juga terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan bisa dicek melalui website resmi otoritas bursa.
2. Membuka Akun Pelanggan

Rekening dana nasabah atau RDN adalah rekening milik investor dalam transaksi jual beli di pasar modal. Untuk membuka rekening dana nasabah, ada beberapa langkah sebagai berikut:

Siapkan dokumen atau berkas yang diperlukan. Ada beberapa hal yang harus disiapkan mulai dari KTP untuk WNI, KITAS dan Paspor untuk WNA, serta Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Jika pemohon tidak memiliki NPWP, misalnya mahasiswa, ia juga dapat melampirkan harta orang tuanya. Jika pemohon adalah ibu rumah tangga, dapat melampirkan NPWP suami. Persiapan juga fotokopi halaman depan buku tabungan dan materai 2 lembar.
Selanjutnya Anda bisa memilih sekuritas yang ingin dibuatkan rekeningnya dan saat ini sudah banyak bank sekuritas yang telah disahkan oleh pemerintah dan diawasi oleh OJK.
Isi formulir dan informasi yang diperlukan.
Selanjutnya, Anda bisa melakukan setoran awal di Reksa Dana. Nilai setoran awal pada masing-masing bank efek dapat bervariasi dan umumnya berkisar antara Rp100.000 sampai dengan Rp3.000.000.

Baca juga: Pengertian Saham Secara Singkat dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham
3. Memilih Saham

Cara berinvestasi saham untuk pemula selanjutnya, setelah memiliki RDN, bisa memilih saham. Anda juga dapat menggunakan aplikasi keamanan. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli saham dari suatu perusahaan, pastikan Anda telah mempelajari laporan keuangan dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kinerjanya.

Saham yang digunakan untuk investasi jangka panjang, harus diperhatikan dengan matang. Pilih aset dari perusahaan yang memiliki nilai fundamental yang baik.

Pemula, cobalah untuk membeli saham blue chip atau yang sudah memiliki reputasi dan rekam jejak yang baik. Jenis saham ini cenderung naik dari waktu ke waktu sehingga cocok untuk investasi jangka panjang. Jika cocok, Anda bisa langsung membelinya.
4. Memantau Pasar

Setelah Anda melakukan step by step cara membeli saham untuk pemula, langkah selanjutnya adalah memantau bagaimana kondisi pasar. Anda tidak perlu mengecek portofolio setiap hari, tetapi cukup pantau dari berbagai media yang mengulas harga saham. Anda bisa membeli saat harga turun, sehingga saat harga naik, Anda mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
Cara Membeli Saham Untuk Pemula Secara Online

Saat ini, dengan teknologi yang semakin berkembang, berinvestasi saham untuk pemula semakin mudah. Bahkan, Anda bisa melakukannya hanya melalui smartphone. Ada banyak aplikasi yang memberikan kemudahan bagi Anda untuk membeli saham. Berikut beberapa aplikasinya:

Hebat

Ajaib adalah platform perdagangan saham yang dimiliki oleh Grup Ajaib. Anda tidak hanya bisa membeli dan menjual saham, di sini Anda juga bisa membeli reksa dana atau instrumen lainnya. Di dalam aplikasi juga terdapat banyak informasi mengenai saham, berita, dan rekomendasi produk apa yang harus dibeli dan memiliki prospek yang bagus.

IPOT

Ada juga IPOT sebagai tempat membeli saham secara online. Di sini, Anda akan dimudahkan dengan minimal pembelian yang kecil bahkan tanpa harus melakukan deposit. Ini akan sangat mudah bagi investor pemula. Aplikasi ini juga menyediakan banyak fitur menarik dan terdapat customer care service yang dapat dihubungi melalui telegram.

PALING

MOST yang merupakan singkatan dari Mandiri online stock trading adalah aplikasi perdagangan saham yang dibuat oleh Mandiri Sekuritas. Aplikasi ini hadir dan memiliki tampilan yang simple sehingga memudahkan investor pemula yang ingin bertransaksi jual beli saham.

BIONS

BNI Sekuritas Innovative Trading System atau disingkat BIONS juga bisa menjadi aplikasi alternatif beli saham bagi pemula dengan cepat dan mudah. Kelebihan dari aplikasi ini adalah memiliki tampilan awal yang bersih dan mudah digunakan. Namun ada juga kekurangannya yaitu perlunya modal awal yang cukup besar.

Sumber :