Cara-Mengoptimalkan-Game-Berat-Pada-PC-dan-Laptop-(Tanpa-Lag-Club-Lag)

Cara Mengoptimalkan Game Berat Pada PC dan Laptop (Tanpa Lag Club Lag)

Cara Mengoptimalkan Game Berat Pada PC dan Laptop (Tanpa Lag Club Lag)

Saat ini, hampir semua game membutuhkan spesifikasi laptop atau PC yang tinggi agar dapat bermain dengan lancar. Semakin bagus grafisnya, maka game akan semakin sulit dimainkan di laptop dengan spesifikasi pas-pasan.

Cara-Mengoptimalkan-Game-Berat-Pada-PC-dan-Laptop-(Tanpa-Lag-Club-Lag)

Jika anda memiliki spek yang pas-pasan untuk game yang ingin anda mainkan, pada postingan kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara men-tweak game berat di pc dan laptop agar tidak lag saat bermain.

Cara mengoptimalkan game berat di PC

1. Tutup aplikasi yang tidak diperlukan saat bermain game

Aplikasi seperti browser menghabiskan sebagian besar sumber daya (RAM) laptop kita. Jika dijalankan pada waktu yang sama dengan game, itu akan lebih membebani sistem. Oleh karena itu kami merekomendasikan untuk menutup aplikasi berat seperti ini saat bermain game. Selain itu, apa gunanya berselancar sambil bermain game di waktu yang sama?

Jika membuka banyak tab di browser, memori yang digunakan bisa mencapai 1 GB lebih. Bayangkan jika laptop kita hanya memiliki RAM 4GB, game yang dimainkan akan semakin berat bahkan tertunda. Gambar di bawah ini menunjukkan RAM yang digunakan oleh browser Chrome saat browsing dan hanya membuka 4 tab. Hampir 1 GB memori digunakan.
Cara mengoptimalkan game berat di laptop 1

2. Matikan program proteksi virus

Antivirus terkadang juga dapat menghabiskan sumber daya yang besar, terutama saat perlindungan waktu-nyata atau pemindaian otomatis sedang berlangsung. Proses ini bisa membuat laptop kita sulit. Jadi saat Anda bermain game, hal terbaik yang harus dilakukan adalah mematikan antivirusnya. Setelah selesai bermain, kami dapat mengaktifkannya kembali.
3. Sistem Boosting dengan aplikasi game booster

Untuk mengoptimalkan sumber daya di laptop kita saat bermain game, kita juga dapat menggunakan aplikasi penguat game. Aplikasi ini dapat merampingkan game berat di laptop dengan membebaskan lebih banyak memori dari proses latar belakang yang tidak diperlukan game.

Ada banyak aplikasi game booster gratis yang bisa Anda gunakan, tapi saya merekomendasikan menggunakan Razer Cortex Game Booster karena saya sendiri menggunakan aplikasi ini dan saya sangat senang dengan hasilnya.
Cara mengoptimalkan game berat di laptop 2

Razer Cortex dapat membuat bermain game lebih lancar dengan memfokuskan sumber daya pada laptop kami untuk bermain game. Jadi saat Anda melangkah, aplikasi Razer Cortex menghentikan proses yang tidak dibutuhkan oleh game.

Akibatnya, ruang kosong bertambah dan bisa digunakan untuk permainan. Saat kami menyelesaikan permainan, proses yang dihentikan sementara akan dikembalikan oleh Razer Cortex agar sistem kami dapat berjalan normal kembali.
4. Gunakan aplikasi pembersih untuk membersihkan file sampah yang membuat Anda tangguh

File seperti file sementara, cache, dan berbagai jenis file sampah lainnya juga perlu dibersihkan secara teratur karena dapat membuat sistem laptop kita berat. Anda dapat menggunakan aplikasi pembersih untuk melakukan ini secara otomatis.

Ada beberapa aplikasi pembersih di Windows yang dapat Anda gunakan. Saya menulis postingan tentang aplikasi pembersih terbaik yang pernah saya coba. Anda dapat membacanya di sini: 5 Aplikasi Pembersih Terbaik di Windows
5. Prioritaskan kinerja di atas tampilan grafis

Cara terakhir untuk mengubah game berat di laptop dan PC adalah dengan mengubah pengaturan dalam game sehingga lebih fokus pada kinerja daripada tampilan grafis.

Kami dapat mengatur grafik ke pengaturan sedang dan bahkan rendah dan memprioritaskan pengaturan kecepatan bingkai. Karena game cair lebih menyenangkan untuk dimainkan daripada game dengan tampilan grafik tinggi, tetapi rusak.

LIHAT JUGA :