Definisi-manajemen-kantor-Menurut-para-ahli-unsur

Definisi manajemen kantor: Menurut para ahli, unsur

Dasar-dasar administrasi kantor

Manajemen kantor merupakan aktivitas yang berhubungan langsung dengan sistem manajemen dalam konteks kantor. Sistem manajemen di dalam kantor ini merupakan bagian dari manajemen yang menyediakan informasi sesuai dengan bidang administrasi yang diperlukan untuk mendukung efektivitas pelaksanaan suatu kegiatan. Untuk memahami hal ini, Anda perlu memahami pentingnya manajemen kantor. Ada banyak yang mendukung definisi manajemen kantor. Secara keseluruhan, konsep manajemen kantor ada dua, yaitu secara umum dan pendapat ahli.

Definisi-manajemen-kantor-Menurut-para-ahli-unsur
Pahami administrasi perkantoran umum

Secara umum pengertian manajemen kantor adalah kegiatan perencanaan keuangan, penagihan dan pencatatan, kepegawaian dan distribusi barang, serta logistik dalam suatu organisasi. Biasanya seorang karyawan yang bertanggung jawab untuk ini disebut sebagai juru tulis kantor atau manajer kantor.

Pengertian manajemen kantor terbagi menjadi dua bagian, yaitu pengertian manajemen kantor secara luas dan manajemen kantor yang ketat. Pengertian manajemen kantor secara luas adalah kerjasama yang sistematis dan terkoordinasi sesuai dengan pembagian tugas sesuai dengan struktur organisasi yang terdapat didalamnya, guna mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Sedangkan pengertian administrasi perkantoran dalam arti yang lebih sempit meliputi semua kegiatan teknis untuk melaksanakan pekerjaan operasional, memberikan informasi kepada para pelaksana dan mendukung kelancaran pengembangan organisasi.
Dasar-dasar administrasi kantor oleh para ahli

Menurut WH EVANS

Pada tahun 1963 dinyatakan bahwa administrasi perkantoran merupakan fungsi yang berkaitan dengan pengelolaan dan pengendalian semua tahapan operasi bisnis yang berkaitan dengan penggunaan informasi, penyimpanan dan komunikasi organisasi.
Menurut Institut Manajemen Administrasi

Pada pertengahan 1990-an ditemukan bahwa manajemen kantor adalah cabang manajemen yang berfokus pada layanan untuk memperoleh, mencatat, dan menganalisis semua informasi yang direncanakan atau dikomunikasikan yang berguna untuk mengamankan aset organisasi dan mempromosikan layanan yang mengatur diri sendiri untuk mencapai tujuan organisasi.

Menurut George Terry

Pada tahun 1966, ia menyatakan bahwa manajemen kantor merencanakan, mengendalikan dan mengatur suatu pekerjaan kantoran serta menjadi motor penggerak bagi mereka yang menjalankannya agar tujuan yang ditetapkan dapat tercapai.
Menurut Arthur Grager

Pada tahun 1958, biro administrasi mempunyai peran dalam mengatur pelayanan dokumen dan komunikasi suatu organisasi.
Menurut William Leffingwell dan Edwin Robinson

1950 mengatakan administrasi kantor adalah cabang manajemen yang berbicara tentang melakukan pekerjaan secara efisien di kantor di mana dan kapan pekerjaan harus dilakukan.
Fungsi administratif

Menurut Quible (2001), terdapat lima jenis fungsi pendukung administrasi di kantor, yaitu fungsi rutin, fungsi teknis, fungsi analitik, fungsi interpersonal dan

Fungsi manajemen. Lihat uraian di bawah untuk lebih jelasnya.
Fungsi interpersonal

Fungsi interpersonal, yaitu fungsi administratif yang memerlukan penilaian dan analisis sebagai dasar pengambilan keputusan dan keterampilan dalam hubungannya dengan orang lain, mis. B. koordinasi tim.
Fungsi teknis

Fungsi teknis adalah fungsi administratif yang membutuhkan keputusan, pendapat, dan keterampilan yang tepat.
Fungsi rutin

Fungsi rutin yaitu fungsi administrasi yang membutuhkan pertimbangan minimal, termasuk pengarsipan dan pengadaan.
Fungsi analisis

Fungsi analitik merupakan fungsi administratif yang membutuhkan pemikiran kritis dan kreatif serta kemampuan untuk mengambil keputusan seperti: B. Keputusan Pembelian.
Fungsi manajemen

Peran manajemen yaitu administrasi yang membutuhkan perencanaan, pengorganisasian, pengukuran dan motivasi.
Tugas administrasi kantor
Terima panggilan

Petugas kantor biasanya adalah orang paling penting yang bertanggung jawab atas telepon, penerimaan, dan komunikasi telepon eksternal. Keterampilan komunikasi yang baik dibutuhkan. Menjawab panggilan biasanya merupakan tugas wajib untuk kantor kecil hingga menengah. Tidak seperti perusahaan besar, biasanya ada area lain seperti layanan pelanggan.
Buat agenda kantor

Saat berkomunikasi lewat telepon, seringkali ada partner yang ingin bertemu dengan manajemen atau departemen lain. Tugas manajemen kantor sekarang juga diperlukan untuk menyiapkan agenda untuk kegiatan tersebut. Namun, untuk menjadwalkan pertemuan, perlu adanya komunikasi dengan departemen lain agar dapat menjaga jadwal dengan baik

 

 

LIHAT JUGA :

https://teknologia.co.id/
https://butikjersey.co.id/
https://kabarna.id/
https://manjakani.co.id/
https://sewamobilbali.co.id/
https://deevalemon.co.id/
https://cipaganti.co.id/
https://pulauseribumurah.com/
https://pss-sleman.co.id/
https://mitranet.co.id/