Diagram-alir-adalah-Pengertian-Jenis-Perbedaan-Tujuan-dan-Fungsi-secara-lengkap

Diagram alir adalah: Pengertian, Jenis, Perbedaan, Tujuan dan Fungsi secara lengkap

Diagram alir adalah: Pengertian, Jenis, Perbedaan, Tujuan dan Fungsi secara lengkap

Pahami Flowchat

Istilah flowchat merupakan suatu bentuk struktur dengan kandungan simbol-simbol yang menunjukkan pengaturan proses secara rinci dan keterkaitan antara suatu proses atau instruksi dengan proses lain dalam suatu program. Berikut adalah simbol yang digunakan untuk menggambar diagram alir program:

Diagram-alir-adalah-Pengertian-Jenis-Perbedaan-Tujuan-dan-Fungsi-secara-lengkap

Jenis diagram alur

1. Flowchart Sistem (System Flowchart)

Diagram alir sistem merupakan suatu bentuk struktur yang menggambarkan alur proses kerja atau operasi dalam suatu proses sistem secara keseluruhan dan memberikan penjelasan tentang urutan prosedur sehubungan dengan dan pembentukan sistem yang ada.

Diagram alir sistem terdiri dari data yang mengalir dari sistem dan proses yang memodifikasi data tersebut. Alur data dan proses dalam diagram alir sistem dapat online atau langsung dihubungkan ke komputer, atau offline yang tidak langsung terhubung ke komputer seperti mesin tik, kalkulator atau mesin kasir.
2. Diagram alir dokumen

Diagram Alir Dokumen atau disebut Forms Flowchart dan nama lainnya adalah Paperwork Flowchart adalah diagram alir yang menggambarkan alur laporan dan formulir yang dibuat dari salinan. Diagram alir dokumen ini berisi simbol yang sama yang digunakan oleh diagram alir sistem.

3. Diagram alir skematis

Diagram alir adalah diagram alir yang mirip dengan diagram alir sistem dan memberikan informasi tentang arus dalam sistem. Ini berbeda dari diagram alur skematik karena mereka menggunakan ikon diagram alur sistem dan ikon komputer serta alat lain yang digunakan. Tujuan penggunaan simbol / gambar ini adalah untuk memudahkan atau berkomunikasi

Beri tahu pengguna yang tidak memahami gambar / ikon diagram alur. Penggunaan simbol / gambar mudah dipahami tetapi cukup sulit dan membutuhkan waktu lama untuk menggambar.
4. Diagram alir program

Flowchart program merupakan diagram yang menggambarkan alur proses suatu program secara detail. Diagram alir program dibuat dari turunan diagram alir sistem.

Ada dua jenis diagram alur program, program diagram alur logika dan diagram alur program komputer terperinci. Diagram aliran logika program digunakan untuk menginformasikan secara logis setiap langkah dalam proses program komputer. Diagram aliran logika program dibuat oleh penganalisis sistem.
5. Diagram alir proses

Diagram alir proses adalah metode mendeskripsikan teknik industri yang membagi dan menganalisis tahapan berikut dari proses atau sistem yang ada. Diagram alir proses berisi 5 ikon / gambar terpisah seperti yang ditunjukkan pada tabel di bawah ini.

Flowchart adalah

Dengan diagram alir proses, insinyur industri dapat memeriksa dan memproses langkah-langkah pembuatan. Dalam suatu analisis sistem, diagram alur ini baik digunakan untuk membaca alur suatu formulir atau laporan.
Perbedaan antara diagram alir dan DFD

Berikut perbedaan antara flowchart dan DFD:

Diagram alir sistem menggambarkan aliran proses atau proses yang ada pada sistem, sedangkan DFD menjelaskan aliran data dalam suatu sistem
Aliran data flowchart harus berurutan, sedangkan prosedur DFD dapat berjalan secara bersamaan atau paralel
Diagram alir memiliki proses loop sedangkan DFD tidak memiliki proses loop
Diagram alir berisi kalkulasi, sedangkan DFD tidak memuat kalkulasi

Tujuan pembuatan flowchat

Jelaskan proses untuk menyelesaikan masalah dengan mudah yang terputus dengan benar dan jelas
dengan menggunakan simbol standar atau teknik pencitraan

 

 

LIHAT JUGA :

https://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/
https://ruangseni.com/
https://www.kakakpintar.id/
https://www.belajarbahasainggrisku.id/
https://duniapendidikan.co.id/
https://pengajar.co.id/
https://ppidkabbekasi.id/
https://appbrain.co.id/
https://nomorcallcenter.id/
https://callcenters.id/