Gunung-Puntang-sejarah-atraksi-tiket-masuk

Gunung Puntang: sejarah, atraksi, tiket masuk

Rehat sejenak di kota kembang Bandung? Coba jelajahi tempat wisata alam Gunung Puntang, Bandung. Wisata alam di Bandung Selatan ini pasti akan memukau Anda dengan keindahannya.

Gunung Puntang: sejarah, atraksi, tiket masuk

Pengunjung dapat menikmati keindahan kota Bandung dan sekitarnya dari atas gunung ini. Kegembiraan lainnya adalah mendirikan tenda dan bermalam di salah satu tempat perkemahan di sini.

Gunung-Puntang-sejarah-atraksi-tiket-masuk

Keesokan harinya, sambil menikmati sejuknya udara pegunungan, Anda bisa menyaksikan matahari terbit yang perlahan muncul dan memancarkan hangatnya sinar matahari.

Ini hanya sebagian kecil dari daya tarik yang ditawarkan tempat wisata alam ini. Masih banyak hal menarik lainnya yang sebenarnya bisa Anda gali dari lokasi ini.

Namun, agar tidak berlama-lama, sebaiknya segera simak informasi berikut ini:

Sejarah Gunung Puntang

Gunung ini menjulang 2.224 meter di atas permukaan laut. Di salah satu sudut lereng, di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut, terdapat area perkemahan khusus.

Letak bumi perkemahan ini memang tidak terlalu tinggi, namun tetap memiliki suasana sejuk dan asri seperti nuansa khas pegunungan.

Kawasan ini tidak hanya sering dijadikan sebagai spot camping mahasiswa dan pecinta alam, tetapi juga sering menjadi spot trekking dan downhill.

Mungkin Anda akan cukup terkejut saat mengetahui sejarah tempat wisata viral di Bandung ini. Wisata alam ini dulunya merupakan tempat siaran radio.

Ini karena lokasinya yang sangat baik untuk menangkap sinyal radio. Berkat sinyal yang sangat kuat, informasi dari stasiun radio di gunung ini bisa terdengar hingga ke negeri Belanda.

Sekadar informasi, pernah ada stasiun radio di gunung ini yang ada sekitar tahun 1923. Dengan adanya stasiun radio, daerah ini nantinya menjadi jalur komunikasi yang penting.

Bahkan kerennya, stasiun radio ini sempat dicap sebagai stasiun radio terbesar di dunia saat itu.

Namun sayangnya stasiun radio tersebut sekarang sudah tidak ada jejaknya sama sekali. Reruntuhan juga sudah tidak ada lagi. Yang tersisa adalah reruntuhan bekas pemukiman penduduk di sekitar lokasi stasiun radio.
Atraksi di Gunung Puntang

Sejarah Gunung Puntang

Terletak di salah satu wilayah Kabupaten Bandung, gunung ini sering menjadi referensi bagi para pelajar yang mencintai alam di kota Bandung.

Karena kedekatannya dengan kota, mereka mudah diakses.

Masih sejajar dengan Pegunungan Malabar, udaranya masih sangat sejuk. Pemandangannya masih sangat asri dan asli.

Selain itu, ada sejumlah tempat wisata yang juga menjadi magnet bagi wisatawan. Anda dapat melakukan berbagai aktivitas alam. Disini kami akan membagikan beberapa aktivitas keren yang sering dilakukan di gunung ini.
Mendaki

Jika Bali memiliki Gunung Agung yang sering menjadi spot populer, Bandung menjadikan gunung ini sebagai salah satu destinasi pendakian bersama Papandayan. Mega, puncak tertinggi gunung ini tentu menjadi tujuan utama para pendaki.

Mega Peak ini tidak hanya menawarkan tempat untuk melihat lukisan alam dari ketinggian, tetapi juga memiliki sesuatu yang istimewa.

Dari titik yang lebih tinggi, Mega Peak ini menyerupai bentuk punggung naga. Bentuk Punggung Naga sering menjadi spot untuk melihat sunrise dan sunset terbaik.
berkemah

Sejauh ini, wisata alam ini merupakan kawasan terorganisasi terbaik di Bandung Raya. Hal itu bisa dilihat di area perkemahan yang tertata rapi dan nyaman.

Perkemahan ini dibagi menjadi beberapa blok dan masing-masing blok ini menawarkan pemandangan dan suasana yang berbeda.

Setiap blok juga memiliki jalur sendiri untuk kendaraan. Selain itu, setiap blok memiliki fasilitas biasa seperti toilet dan stasiun penyewaan peralatan berkemah.

Dengan dukungan fasilitas dan akses tersebut, camping bersama keluarga, termasuk si kecil tentunya bisa terwujud.
Menjelajahi berbagai keterampilan

Kawasan wisata alam ini juga memiliki harta karun terpendam yang pasti akan membuat Anda takjub. Terdapat sejumlah air terjun di beberapa titik di lereng gunung, yang bisa Anda akses dengan bantuan pemandu.

Salah satunya adalah air terjun tertinggi di pulau Jawa yaitu Curug Siliwangi yang tingginya 150 meter.

Bentuk air terjun ini mirip dengan bentuk Air Terjun Sri Gethuk yang memiliki anak tangga seperti desain dekorasi air terjun taman buatan.
Habitat Gibbon dan Situs Bersejarah

Sedikit yang tahu bahwa gunung ini tampaknya merupakan habitat asli owa yang terancam punah. Jika beruntung, Anda bisa menemukan hewan langka ini saat hiking atau trekking.

Bagi yang belum pernah melihat owa secara langsung, manajemen punya telur spesial

LIHAT JUGA :

salsawisata.com

Rental Mobil Jogja