Huawei Siap Mendukung Keamanan Siber Indonesia

Huawei Siap Mendukung Keamanan Siber Indonesia

Huawei siap mendukung penguatan keamanan siber untuk melindungi ekosistem digital Indonesia dengan sebaik-baiknya melalui pengetahuan dan praktiknya.

“Sebagai komunitas, kami juga dapat secara efektif meningkatkan keamanan siber dan melindungi privasi dengan berbagi pengetahuan tentang praktik terbaik dan membangun aliansi yang lebih erat,” kata CEO Huawei Indonesia Jacky Chen dalam siaran pers yang dilakukan pada Senin (7/2/2022).

Hal tersebut disampaikan Jackie pada acara CyberHub Fest 2022 yang diluncurkan oleh Badan Kriptografi dan Internet Nasional (BSSN) yang berlangsung secara virtual hari ini.

Huawei Siap Mendukung Keamanan Siber Indonesia

Jackie mengatakan pihaknya terus berbagi pengetahuan dan praktik terbaik seperti Huawei Product Security Baselines, OIC-CERT Security Framework, dan 5G Cyber ​​Security Knowledge Base yang dikembangkan oleh GSMA dengan komunitas.

Ia mengatakan dalam 22 tahun kehadirannya di Indonesia, Huawei selalu menempatkan keamanan sebagai andalan inovasi teknologi dan aktivitas sosial.

Dukungan Huawei terhadap CyberHub Fest selama dua tahun terakhir dipandang sebagai bentuk nyata komitmen Huawei terhadap keamanan siber, tidak hanya dari sisi teknologi, tetapi juga dalam hal peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

“Huawei berharap semua pemangku kepentingan dapat bekerja sama untuk mendukung BSSN dalam memajukan keamanan siber,” kata Jackie.

CyberHub Fest 2022 merupakan bentuk kolaborasi sejati antara ekosistem empat heliks yang mencakup pejabat negara, pelaku usaha, akademisi, dan masyarakat.

Acara ini diharapkan dapat berkontribusi pada literasi keamanan digital dan lingkungan siber dengan keamanan dan keandalan yang tinggi, serta menjadi pendorong daya saing dan inovasi di bidang keamanan siber. 

“Keamanan siber merupakan faktor pendukung inovasi, pertumbuhan ekonomi dan pembangunan sosial. Presiden BSSN Hinsa Siburian mengatakan tantangan dan peluang di dunia maya akan terus berkembang sehingga diperlukan kolaborasi dan inovasi yang intens dari setiap elemen yang terlibat.

Hinsa menilai kerjasama nasional di bidang keamanan Cyber ​​menjadi kunci untuk membangun ruang.

Upaya bersama dalam membangun dan memajukan industri keamanan siber nasional, diwujudkan secara digital melalui Cyberhub.id yang resmi diluncurkan pada Januari 2021 untuk mempertemukan pemerintah, industri, akademisi dan masyarakat dalam membentuk ekosistem keamanan siber di Indonesia. 

Hinsa mengatakan sejauh ini lebih dari 30 webinar dan kolaborasi antara instansi pemerintah, perusahaan industri seperti Huawei, asosiasi dan banyak platform digital telah dilakukan.

Sebelumnya, BSSN dan Huawei telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) yang mencakup pembelajaran lanjutan, sertifikasi profesi, dan peningkatan kompetensi di bidang keamanan siber.

“Saya menyampaikan apresiasi dan apresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan yang telah berkontribusi dan berharap sinergi yang tercipta semakin serasi untuk mendorong kemajuan dan kemakmuran bangsa dan negara,” ujar Hensa.

CyberHub Fest 2022 menghadirkan keynote speaker, antara lain Deputi 7 Kementerian Koordinator Bidang Kebijakan, Hukum dan Keamanan Marsda TNI Arif Mustofa, Presiden ACCI Alex Budianto, dan Konsultan IT Del Alex Budianto.

Sumber :
1health.id
grahainspirasi.id