Ikan-Pisces-Pengertian-Ciri-Jenis-Struktur-Tubuh-Contoh

Ikan Pisces: Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur Tubuh, Contoh

Ikan Pisces: Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur Tubuh, Contoh

Pengertian ikan (fish)

Ikan adalah hewan yang hidup di air. Mereka dapat menghirup air karena memiliki insang. Ikan dapat ditemukan di air tawar (danau atau sungai) atau air asin (laut atau samudra). Pisces adalah hewan berdarah dingin (poikiloterm) yang artinya suhu tubuhnya berbeda-beda tergantung suhu air tempat tinggalnya.

Ikan-Pisces-Pengertian-Ciri-Jenis-Struktur-Tubuh-Contoh

Ikan adalah kelompok vertebrata yang paling beragam, dengan jumlah total sekitar 27.000 spesies di seluruh dunia. Struktur tubuh ikan terutama dibentuk oleh rangkanya, ada pula tulang yang menyusun tubuh adalah tulang rawan, dan ada juga tulang asli. Insang dan ekornya dapat membantunya bergerak cepat di dalam air.

Sifat ikan (fish)

Ikan adalah hewan vertebrata atau vertebrata. Hampir semua spesies ikan memiliki beberapa karakteristik yang sama. Jika ada yang lebih spesifik, itu semua tergantung dari jenis ikannya. Karakteristik umumnya adalah:

Memiliki sirip untuk bergerak (sirip dada, punggung, perut, dubur dan ekor)
Bisa berkembang biak dengan bertelur
Memiliki endoskeleton
Bernapaslah melalui insang
Memiliki sisik yang licin atau berlendir
Merupakan hewan Poikiloterm
Aliran darah tertutup tunggal

Spesies ikan (ikan)

Konsumsi ikan
Konsumsi ikan

Ikan Konsumsi merupakan salah satu jenis ikan yang biasa dikonsumsi manusia sebagai makanan. Ikan konsumsi dapat dikelompokkan menurut habitat spesies ikan laut dan airtanah.

Contoh konsumsi ikan:

ikan lele
Ikan mas
Kakap dll.

Ikan hias

Ikan hias adalah salah satu jenis ikan yang dilacak di air tawar maupun di laut dan tidak diolah untuk dikonsumsi, melainkan untuk mempercantik taman / ruang tamu.

Contoh ikan hias:

Ikan cupang,
Ikan arwana,
Ikan mas,
Ikan koi,
Ikan buaya,
Ikan guppy,
Bunga hornfish dll.

Struktur tubuh ikan (fish)

Struktur tubuh ikan umumnya bagian kepala yang berisi otak dan organ sensorik dengan 10 saraf kranial yang memiliki garis lateral untuk merasakan tekanan air, batang dengan dinding otot yang mengelilingi rongga yang berisi organ dalam, dan juga bagian otot post-tail. Anal. Ikan merupakan hewan yang membutuhkan banyak refleks untuk bergerak cukup banyak untuk menghindari serangan musuh dan menangkap mangsanya. Selain itu ikan harus memiliki keseimbangan yang baik. Oleh karena itu, otak kecil berkembang lebih cepat pada ikan karena otak kecil merupakan pusat keseimbangan atau pergerakan.

Ikan juga umumnya memiliki kulit yang sangat berguna untuk menutupi tubuh bersama dengan kelenjar lendir yang mengeluarkan sekresi yang mengurangi gesekan tubuh ikan dengan air. Selain itu, hampir semua jenis ikan memiliki sisik yang menempel pada sekresi kelenjar mukosa untuk membentuk lapisan yang hampir kedap air.

Ikan yang tidak lepas dari saluran pernafasan menggunakan insang berupa daun tipis berwarna merah muda dan selalu lembab. Masing-masing insang ini terdiri dari satu lengkung insang bertulang, satu rangkaian punggung insang dan 2 baris filamen insang lunak. Setiap filamen insang memiliki banyak pembuluh darah dan filamen insang ini juga memiliki luas permukaan yang cukup besar untuk pertukaran gas. Bagian terluar dari insang terhubung dengan air, sedangkan bagian dalam berhubungan erat dengan pembuluh darah kapiler.

 

 

 

LIHAT JUGA :

https://vhost.id/
https://busbagus.co.id/
https://zalala.co.id/
https://namabayi.co.id/
https://jilbabbayi.co.id/
https://multi-part.co.id/
https://mvagusta.co.id/
https://penirumherbal.co.id/
https://montir.co.id/
https://duniabudidaya.co.id/