Inovasi-Pengertian,-Jenis,-Ciri,-Tujuan,-Manfaat-dan-Contoh

Inovasi: Pengertian, Jenis, Ciri, Tujuan, Manfaat dan Contoh

Definisi inovasi

Inovasi dalam bahasa Inggris adalah inovasi, yaitu proses atau hasil penggunaan dan pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang bertujuan untuk meningkatkan dan menciptakan produk dan layanan baru, proses dan sistem yang dapat memberikan nilai yang sangat berarti dan signifikan. Inovasi biasanya juga disebut sebagai desain baru. Suatu benda juga menandakan terobosan baru yang dicapai dalam memecahkan suatu masalah atau perkembangan yang dibutuhkan.

Inovasi-Pengertian,-Jenis,-Ciri,-Tujuan,-Manfaat-dan-Contoh

 

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman belajar matematika dasar Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

Inovasi: Pengertian, Jenis, Ciri, Tujuan, Manfaat dan Contoh

Inovasi merupakan suatu ide atau ide baru yang tidak pernah ada atau belum pernah ditemukan sebelumnya. Seseorang yang membuat atau mendorong inovasi disebut inovator. Inovasi biasanya memuat wawasan baru menjadi suatu topik yang sedang dipelajari oleh orang-orang yang berinovasi atau sering disebut sebagai inovator. Inovasi yang dibuat tentunya banyak percobaan gagal yang kemudian dibangun kembali hingga menemukan apa yang benar-benar dibutuhkan.

Inovasi adalah penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya. Orang atau wirausahawan yang selalu inovatif dapat dikatakan sebagai wirausaha yang inovatif. Seorang yang inovatif akan selalu berusaha untuk melakukan perbaikan dan menghasilkan sesuatu yang baru / unik yang berbeda dengan yang sudah ada. Inovatif juga merupakan sikap penting yang harus dimiliki seorang pengusaha. Pengusaha yang selalu inovatif dalam berbisnis. maka dia akan mendapatkan manfaat dan kesuksesan. Inovatif merupakan implikasi dari karakteristik wirausaha yang mampu melakukan perubahan lingkungan.

Inovasi secara tidak langsung menjadi pembeda antara pengusaha dengan masyarakat awam dan pengusaha. Seorang pengusaha akan selalu berpikir untuk melakukan sesuatu yang berbeda, bukan apa yang kebanyakan orang pikirkan dan lakukan. Kreatif dan inovatif adalah kemampuan untuk mengubah sumber daya yang kurang produktif menjadi sumber daya yang produktif untuk mencapai nilai ekonomis. Pengusaha adalah seseorang, baik langsung maupun tidak langsung, yang mampu mengubah lingkungannya. Di sisi lain, ia juga merupakan orang yang mampu menerima perubahan yang terjadi dan bereaksi positif terhadap perubahan tersebut. Dia juga berani mengambil risiko sukses atau gagal. Pengusaha dapat bertahan dalam kondisi ekonomi yang sulit dan kacau. Karena ketika semua orang gelisah, mereka memiliki kreasi dan inovasi untuk mengubah sumber daya yang kurang produktif menjadi sumber daya produktif sehingga menawarkan nilai ekonomis.

Inovasi menurut para ahli

Menurut Van de Ven et al. Inovasi adalah pengembangan dan implementasi ide-ide baru oleh masyarakat dalam kurun waktu tertentu, yang dilakukan melalui berbagai aktivitas transaksi dalam struktur organisasi tertentu.
Menurut Kuniyoshi Urabe, inovasi adalah kegiatan yang tidak bisa langsung diproduksi, tetapi harus melalui proses panjang yang terdiri dari banyak proses pengambilan keputusan, mulai dari penemuan ide hingga implementasinya di depan umum.
Menurut Everett M. Rogers, inovasi adalah suatu gagasan atau gagasan dan praktik yang dilandasi dan diterima oleh seseorang atau kelompok tertentu sebagai sesuatu yang baru sehingga dapat diterapkan atau diadopsi.
Menurut Stephen Robbins, itu mendefinisikan inovasi sebagai ide baru yang diterapkan untuk memulai atau memperbarui produk atau proses dan layanan.
Menurut Van de Ven, Andrew H menjelaskan bahwa inovasi adalah pengembangan dan implementasi ide-ide baru oleh orang-orang yang dalam kurun waktu tertentu melakukan transaksi dengan orang lain dalam suatu struktur organisasi.
UU No. 18 tahun 2002
Inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan dan / atau keteknikan yang bertujuan untuk mengembangkan aplikasi praktis dari nilai-nilai baru dan konteks keilmuan, atau cara baru dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada pada suatu produk atau proses produksi.
Menurut Stephen Robbins, inovasi adalah ide baru yang diterapkan untuk menginisiasi atau meningkatkan suatu produk atau proses dan layanan.

Juga, lihat artikel yang mungkin terkait dengan: Definisi Modernisasi: Tujuan, Karakteristik, dan Bagaimana Ini Mempengaruhi Bisnis
Karakteristik inovasi

Ciri-ciri dari inovasi tersebut adalah sebagai berikut.

Khas
Fitur pertama adalah ciri khas. Inovasi harus unik. Inovasi unik memiliki sifat yang belum pernah dimiliki siapa pun sebelumnya. Sehingga ide atau pemikiran tersebut tidak pernah ada. Tanpa karakteristik sebuah inovasi, ia akan melakukannya

 

  Lihat Juga : Soal dan pembahasan matematika dasar sbmptn