Kompensasi-Adalah-Pengertian-Jenis-BentukTujuanFaktor

Kompensasi Adalah: Pengertian, Jenis, Bentuk,Tujuan,Faktor

Kompensasi Adalah: Pengertian, Jenis, Bentuk,Tujuan,Faktor

Definisi remunerasi

Kompensasi adalah pendapatan yang juga ada dalam bentuk uang, barang langsung atau tidak langsung yang diterima karyawan sebagai imbalan atas jasa yang diberikan kepada perusahaan. Remunerasi ini juga dalam bentuk uang, yaitu gaji dibayarkan dalam mata uang kepada karyawan yang bersangkutan. Kompensasi ini juga dalam bentuk barang, yaitu gaji dibayarkan dalam bentuk natura. Misalnya, gaji menerima 10% dari produksi yang diproduksi. Di Jawa Barat, seorang pemanen padi menerima 10% dari beras yang dipanen.

Kompensasi-Adalah-Pengertian-Jenis-BentukTujuanFaktor

Kompensasi adalah istilah yang juga mengacu pada penghargaan finansial yang diterima individu melalui hubungan kerja mereka dengan suatu organisasi. Umumnya bentuk kompensasi berdasarkan biaya moneter yang dikeluarkan oleh organisasi berupa kompensasi finansial. Kompensasi dapat dibayarkan langsung kepada karyawan atau tidak langsung kepada karyawan jika karyawan menerima kompensasi dalam bentuk non-moneter tertentu.
Pengertian kompensasi menurut para ahli

1. Sedarmayanti

Menurut Sedarmayanti (2011: 239), yang dimaksud dengan remunerasi adalah segala sesuatu yang diterima karyawan sebagai remunerasi atas pekerjaannya.

2. Husein Umar

Menurut Husein Umar (2007: 16), yang dimaksud dengan remunerasi adalah segala sesuatu yang diterima seorang pegawai baik berupa gaji, upah, insentif, bonus, premi, pengobatan, asuransi dan sejenisnya yang dibayarkan langsung oleh perusahaan.

3. Wibowo
Mgid
Senyum
Veneer ini 300 kali lebih baik dari gigi palsu!
Pelajari lebih lanjut →

Menurut Wibowo (2007: 461), pengertian kompensasi merupakan pertimbangan sebagai imbalan atas penggunaan tenaga kerja atau jasa yang diberikan oleh karyawan kepada perusahaan.
4. Andrew F. Sikula

Menurut Andrew (dikutip oleh A. A. Anwar Prabu Mangkunegara 2009: 83) pengertian remunerasi adalah segala sesuatu yang dibentuk atau dipandang sebagai remunerasi atau yang setara dengannya.
5. Alex S. Nitisemito

Menurut Alex S. Nitisemito (1986: 149), yang dimaksud dengan remunerasi adalah remunerasi yang diberikan perusahaan kepada karyawannya dan dapat dinilai dengan uang dan dibayarkan secara teratur.
6. T. Hani Handoko

Menurut T. Hani Handoko (2001: 155) pengertian remunerasi adalah segala sesuatu yang diterima karyawan sebagai imbalan atas pekerjaannya.
Jenis remunerasi

Komponen program penggajian secara keseluruhan umumnya dipecah menjadi penghargaan keuangan langsung, tidak langsung, dan non-keuangan.
1. Kompensasi finansial

Pembayaran pokok (gaji atau upah), biaya kinerja, pembayaran insentif (bonus, komisi, pembagian keuntungan atau keuntungan dan opsi saham) atau pembayaran yang ditangguhkan (program tabungan dan anuitas pembelian saham)
2. Kompensasi finansial

Program perlindungan (asuransi kesehatan, asuransi jiwa, pensiun, asuransi tenaga kerja), pembayaran di luar jam kerja (liburan, liburan, cuti tahunan atau cuti melahirkan) dan fasilitas seperti kendaraan, ruang kantor dan parkir.
3. Kompensasi non-finansial

Bentuk pekerjaan (di mana tugas menarik, tantangan, tanggung jawab, pengakuan atau rasa pencapaian). Lingkungan kerja (politik yang sehat, pengawasan yang kompeten, kerabat yang menyenangkan, lingkungan kerja yang sangat bersahabat).
Bentuk remunerasi di perusahaan

Kompensasi yang diberikan perusahaan kepada karyawan dan pihak yang terlibat dalam proses bisnis juga dapat berupa empat hal:
Lihat juga: √Anatomi tubuh manusia
4. Upah atau gaji

Upah biasanya juga terkait dengan upah per jam (semakin lama bekerja, semakin tinggi pula upahnya). Upah adalah bentuk pembayaran yang biasa digunakan untuk pekerja produksi dan pemeliharaan. Sedangkan gaji (gaji) umumnya berlaku mingguan, bulanan dan tahunan.
5. Insentif

Insentif adalah gaji tambahan yang melebihi gaji dan upah yang diumumkan oleh organisasi. Program insentif ini telah disesuaikan untuk memberikan upah tambahan berdasarkan produktivitas, pendapatan, keuntungan, dan upaya untuk mengurangi biaya.
6. Tunjangan

Contoh tunjangan perusahaan biasanya mencakup asuransi kesehatan, asuransi jiwa, hari libur perusahaan, program pensiun, atau tunjangan terkait pekerjaan lainnya.
7. Fasilitas

Kesenangan serta fasilitas seperti mobil perusahaan, keanggotaan klub, tempat parkir khusus atau sebagainya.
Tujuan kompensasi

Ada cukup banyak kasus sumber daya manusia yang kualitasnya sulit dicapai setelah sistem kompensasi yang tidak menarik, sehingga kompensasi tersebut tidak ditujukan untuk mempertahankan sumber daya manusia yang berkualitas, tetapi juga untuk menjaga Sumber Daya Manusia (SDM) mereka. .)

 

Baca Juga :