Kuliah Butuh Laptop, Tapi Bingung Pilih? Ikuti Tips Memilih Laptop untuk Pelajar Ini!

Kuliah Butuh Laptop, Tapi Bingung Pilih? Ikuti Tips Memilih Laptop untuk Pelajar Ini!

Kuliah Butuh Laptop, Tapi Bingung Pilih? Ikuti Tips Memilih Laptop untuk Pelajar Ini!

Kuliah Butuh Laptop, Tapi Bingung Pilih? Ikuti Tips Memilih Laptop untuk Pelajar Ini!

Laptop bagi pelajar merupakan kebutuhan primer dalam kegiatan belajar. Laptop akan membantu mahasiswa membuka materi yang sebagian besar diberikan dalam bentuk file, mengerjakan tugas, menggunakan aplikasi pendukung perkuliahan, dan mencari informasi dan materi melalui internet.

Karena laptop untuk pelajar sudah menjadi kebutuhan yang tak terelakkan, maka penting bagi pelajar untuk memiliki laptop sendiri. Namun, laptop yang Anda miliki tentunya juga harus tepat agar fungsinya bisa maksimal.

Lalu, laptop seperti apa yang cocok untuk pelajar? Bagaimana cara siswa memilih laptop yang tepat? Simak ulasan berikut ini!
1. Sesuaikan dengan Anggaran
laptop untuk pelajar
(sumber: pixabay.com)

Tips memilih laptop untuk pelajar, yang pertama sesuaikan dengan budget. ShopBackers harus mengetahui budget minimal dan maksimal yang dibutuhkan untuk membeli laptop. Dengan demikian, ShopBackers dapat lebih mudah memilih laptop mana yang akan dibeli, termasuk mencari rekomendasi laptop melalui internet atau dengan bertanya langsung kepada penjaga toko.

Misalnya ShopBackers memiliki budget sekitar 3 jutaan, maka laptop yang direkomendasikan untuk pelajar adalah ASUS X441MA yang sudah support Windows 10 dan dilengkapi dengan harddisk hingga 1 TB.
2. Temukan Spesifikasi Sesuai Kebutuhan
laptop untuk pelajar
(sumber: pixabay.com)

Laptop untuk pelajar harus disesuaikan dengan kebutuhan pelajar itu sendiri. Tentunya setiap mahasiswa memiliki kebutuhan yang berbeda-beda karena dipengaruhi oleh jurusan studi yang diambil.

Bagi ShopBackers jurusan teknik, penting untuk mempertimbangkan kapasitas VGA dan RAM yang besar. Hal ini dikarenakan mahasiswa teknik seringkali membutuhkan aplikasi yang cukup berat, sehingga laptop untuk mahasiswa teknik membutuhkan ruang RAM yang tinggi. Misalnya saja Acer Extensa 15 EX215-22 yang dibekali RAM berkapasitas 8GB untuk mendukung aplikasi berat tetap berjalan lancar.

Sementara itu, mahasiswa yang sering berurusan dengan desain grafis juga harus memperhatikan ukuran dan resolusi layar. Misalnya, Acer Aspire E5-553G-F79R dilengkapi dengan SSD untuk pemrosesan gambar yang lebih cepat dan dukungan layar 15,6 inci.

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan dalam memilih laptop untuk pelajar adalah kemampuan multitasking. Hal ini dikarenakan mahasiswa sering membuka beberapa aplikasi secara bersamaan. Jika laptop yang dipilih sudah memiliki kemampuan multitasking yang baik, maka semua aplikasi tersebut akan dapat bekerja secara maksimal, tanpa lag atau force apps (aplikasi tiba-tiba menutup sendiri).
3. Windows yang sudah diinstal sebelumnya
laptop untuk pelajar
(sumber: pinterest.com)

Saat memilih laptop untuk pelajar atau untuk kebutuhan lainnya, pastikan laptop tersebut sudah terinstall Windows atau sistem operasi lain yang disesuaikan dengan jenis laptopnya. Tujuan memilih laptop dengan sistem operasi yang sudah terpasang adalah untuk menghindari sistem operasi bajakan, sehingga data kurang aman dan laptop rentan terhadap malware.
4. Perhatikan Desain
laptop untuk pelajar
(sumber: pinterest.com)

Mahasiswa seringkali dituntut untuk berpindah-pindah ruang kuliah dan memiliki mobilitas yang tinggi. Oleh karena itu, mempertimbangkan desain, seperti ukuran dan berat, penting untuk dipertimbangkan saat memilih laptop untuk pelajar.

Laptop yang direkomendasikan untuk pelajar adalah laptop dengan bobot yang cenderung ringan, namun tetap memiliki bodi yang kokoh, sehingga awet dan tahan goncangan.

Sesuaikan juga desain laptop dengan gaya ShopBackers. Misalnya pemilihan warna, kelengkapan dan letak port, desain keyboard, dan lain sebagainya.

ShopBackers juga perlu mengingat, meskipun laptop untuk mahasiswa harus memperhatikan desain, bukan berarti ShopBackers harus mengutamakan desain laptop. Jangan sampai ShopBackers membeli laptop replika hanya karena menyukai desain laptop dan tidak memiliki cukup dana untuk membeli versi ORI. ShopBacker harus mempertimbangkan masalah yang sering muncul pada laptop replika, seperti mudah overheat, baterai cepat drop, hingga performa yang tidak memenuhi spesifikasi.

Sebagai rekomendasi laptop bagi mahasiswa berbadan kurus, ShopBackers bisa mencari HP 15 Athlon Gold 3150U yang memiliki layar tipis dengan bodi premium. Namun laptop ini dilengkapi dengan port microphone, USB, dan juga bluetooth.
5. Pilih Laptop dengan Baterai Tahan Lama
laptop untuk pelajar

Sumber :