Client-dan-Server

Materi Client dan Server

Materi Client dan Server

Client-dan-Server

Pengertian Client dan Server

Klien adalah sistem atau proses apa pun yang menyediakan data atau permintaan layanan ke server, sedangkan server adalah sistem atau proses yang menyediakan data atau layanan yang diminta oleh klien.

Client-Server adalah pembagian kerja antara server dan klien yang mengakses server dalam jaringan. Jadi arsitektur client server merupakan suatu desain aplikasi yang terdiri dari client dan server yang saling berkomunikasi ketika mengakses server dalam suatu jaringan.

Ciri-Ciri Clien dan server

Berikut beberapa fitur client dan server, yang terdiri dari:

  • Layanan (service)
  1. Hubungan antara proses yang berjalan pada perangkat yang berbeda
  2. Pemisahan fungsi didasarkan pada gagasan layanan
  3. Server sebagai penyedia, pelanggan sebagai konsumen
  • Berbagi sumber daya: Server dapat melayani banyak klien secara bersamaan, dan mengatur akses bersama ke sumber daya bersama untuk memastikan konsistensi.
  • Protokol asimetris: Hubungan satu-ke-banyak antara klien dan server. Klien selalu memulai dialog dengan melayani permintaan, dan server secara pasif menunggu permintaan masuk dari klien.
  • Transparansi lokasi: Operasi yang dilakukan oleh server mungkin berlokasi di perangkat yang sama atau di perangkat berbeda melalui jaringan. Lokasi server harus mudah diakses dari klien.
  • Padu Padan: Platform klien server yang berbeda
  • Komunikasi berbasis pesan; Interaksi server dan klien dengan mengirimkan pesan yang menyertakan permintaan dan jawaban.
  • Pemisahan antarmuka dan eksekusi: Server dapat ditingkatkan tanpa mempengaruhi klien selama antarmuka pesan yang diposting tetap tidak berubah.
  1. Sistem server klien
  2. Aplikasi klien / server

Bagaimana sistem server dan klien bekerja

Sistem klien dan server berjalan pada setidaknya dua sistem komputer yang berbeda. Sebuah server biasanya melayani banyak komputer klien, meskipun beberapa mungkin hanya melayani satu klien yang disebut peer-to-peer atau point-to-point.

Klien adalah komputer desktop yang terhubung ke jaringan. Jika pengguna ingin mengakses informasi, bagian aplikasi klien mengeluarkan permintaan yang dikirim melalui jaringan ke server, kemudian server menjalankan permintaan dan mengirimkan informasi kembali ke klien.

Proses server berfungsi sebagai aplikasi yang mengelola sumber daya bersama seperti database, printer, atau jalur komunikasi, sedangkan proses klien mencakup program untuk mengirim pesan permintaan ke server dan mengakses data seperti mengedit, menghapus, atau menambahkan data.

Contoh klien dan server

Contoh client server mengacu pada desain aplikasi atau jenis arsitektur aplikasi client server, antara lain; Standalone “single-layer”, dalam arsitektur ini semua operasi pemrosesan dilakukan di komputer utama. Jenis model ini adalah tempat semua proses berlangsung secara terpusat yang dikenal sebagai host utama. Kerugian yang terjadi dengan tipe ini adalah semakin banyak pengguna mengaksesnya, semakin banyak tekanan jadinya.

Model kedua, server klien “dua tingkat”, adalah model aplikasi yang ditangani baik pada klien maupun server. Modul ini adalah aplikasi tipikal dengan banyak klien dan server yang terhubung melalui jaringan.

Dan yang ketiga adalah tiga level, yang merupakan arsitektur klien-server yang dibuat. Dalam jenis arsitektur ini, ada server aplikasi yang berdiri di antara klien dan server basis data. Jenis teknik ini banyak diterapkan dengan aplikasi web karena komputer klien akan memasang browser web.

Pola multi-level keempat, model ini sangat mirip dengan model tiga level sebelumnya. Perbedaannya adalah memiliki server logika bisnis. Model keempat, arsitektur klien-server, menyediakan model tingkat pohon yang diperluas dalam bentuk fisik terdistribusi.

Sumber: