Cara-Mengembalikan-File-Yang-Terhapus-di-Flashdisk-dan-Kartu-Memori

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Flashdisk dan Kartu Memori

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Flashdisk dan Kartu Memori

Data pada flash drive dan kartu memori dapat dihapus atau rusak dengan sangat mudah.

Flash disk, yang sering dipindahkan dari satu laptop ke laptop lain, juga dapat terinfeksi virus yang menyebabkan data di dalamnya rusak. Bahkan ada jenis virus tertentu yang akan mengakibatkan flashdisk diformat sehingga semua data di dalamnya hilang.

Cara-Mengembalikan-File-Yang-Terhapus-di-Flashdisk-dan-Kartu-Memori

Tentunya jika flash disk atau memory card berisi data-data penting seperti file kerja, dokumen, video atau foto berharga milik kita, kita tidak bisa begitu saja menghilangkannya. Kita perlu menemukan cara bagaimana memulihkan data yang terhapus dari kartu memori.

Pada kesempatan kali ini, Technocentric memberikan tips bagaimana memulihkan file yang telah terhapus, rusak atau diformat pada flash drive dan memory card. Baca penjelasan step by step dengan gambar berikut.
Cara Memulihkan File yang Dihapus di Flash Disk dan Kartu Memori

1. Instal aplikasi pemulihan data

Untuk memulihkan data yang terhapus atau tertimpa pada flashdisk, kita membutuhkan aplikasi pemulihan. Saat ini ada beberapa aplikasi pemulihan gratis yang sangat kuat. Saya sudah mencoba beberapa di antaranya dan saya merekomendasikan Recuva.

Pertama, unduh dan instal Recuva versi terbaru. Anda dapat menemukan tautan unduhan di sini: Aplikasi Pemulihan Data Terbaik

2. Jalankan aplikasi Recuva

Setelah menginstal aplikasi, sambungkan flash drive yang datanya telah terhapus di laptop atau PC. Kemudian jalankan aplikasi Recuva.

Dalam tutorial kali ini, saya akan menggunakan contoh flash disk yang berisi berbagai jenis data, mulai dari foto, video, teks, kata, Excel, PDF hingga program file berekstensi exe.
bagaimana memulihkan file yang terhapus pada flashdisk

Saya akan menghapus file. Kemudian kami akan mencoba mengembalikannya lagi menggunakan aplikasi Recuva.

3. Scan flash disk yang datanya akan terhapus

Pindai flash. Tunggu hingga aplikasi Recuva selesai memindai. Nanti semua file akan dikenali yang telah dihapus dan ditimpa di Flash.

Caranya sangat sederhana. Setelah membuka aplikasi Recuva, ubah bagian hard drive menjadi flash disk Anda. Kemudian klik Pindai. Lihat gambar berikut ini:
bagaimana memulihkan data yang terhapus pada flashdisk

4. Pilih file mana yang ingin Anda pulihkan

Ketika proses pemindaian selesai, data lama yang telah dihapus, ditimpa atau diformat pada flash disk kami akan ditampilkan.

Selanjutnya kita tinggal memilih data apa yang ingin kita kembalikan dengan cara mengeceknya.
bagaimana memulihkan data yang hilang pada flashdisk

5. Klik tombol Pulihkan untuk mengembalikan file yang terhapus ke flash

Setelah memeriksa semua file yang ingin Anda pulihkan, yang harus Anda lakukan hanyalah mengklik tombol Pulihkan di pojok kanan bawah lalu pilih lokasi. Kami menyarankan Anda memilih lokasi file yang berbeda dari flash, mis. B. Drive D. Tunggu hingga proses pemulihan selesai. Nanti, file tersebut muncul kembali di flashdisk.

Untuk memulihkan file yang terhapus pada kartu memori (kartu SD), caranya sama. Kita bisa menggunakan aplikasi Recuva ini melalui PC. Keberhasilan bergantung pada berapa lama telah dihapus.

Biasanya file yang sudah lama tidak terhapus masih bisa dipulihkan dengan sempurna. Namun, setelah file dihapus dalam jangka waktu yang lama, akan lebih sulit untuk memulihkannya sepenuhnya. File mungkin rusak atau rusak.

 

Lihat Juga :