Situs dan Aplikasi yang Diblokir Kominfo

Situs dan Aplikasi yang Diblokir Kominfo –┬áPemblokiran aplikasi atau situs di Indonesia oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika pada tahun 2022 menimbulkan kehebohan di kalangan pengguna internet. Beberapa situs yang diblokir Kominfo diyakini tidak mengikuti aturan yang berlaku untuk pendaftaran sebagai penyelenggara sistem elektronik (PSE) di Indonesia.

Hingga 30 Juli 2022, Kominfo telah memblokir beberapa situs besar yang belum terdaftar sebagai PSE. Misalnya, penutupan PayPal memicu serangkaian protes dari netizen.

Pengguna juga mencoba mencari cara untuk mentransfer dana PayPal menggunakan VPN. Akhirnya, karena hiruk-pikuk, pemerintah memberi PayPal pembukaan lima hari sementara untuk memungkinkan pengguna memindahkan dana yang mereka simpan.

Selain PayPal, ada banyak aplikasi dan situs game terkenal yang juga telah diblokir dari login. Kami telah merangkum beberapa di antaranya di bawah ini. Ingin tahu situs mana saja yang diblokir oleh Kominfo?

1. Steam

Steam adalah situs atau platform distribusi yang menawarkan game PC legal, baik berbayar maupun gratis. Larangan Steam telah memicu protes dari para gamer, pengembang, dan streamer.

Pasalnya, Steam tidak hanya menyediakan akses ke game, tetapi juga menjadi platform bagi para pembuat konten untuk mendapatkan uang dengan melakukan streaming langsung game favorit mereka. Juga, banyak pengembang game menjual game mereka di Steam.

Tim Valve dikabarkan sedang mempersiapkan dokumentasi untuk melengkapi proses registrasi Steam sebagai PSE Kominfo asing.

2.Dota2

Meski sudah lama dirilis, Dota 2 masih menempati posisi 2 teratas sebagai game dengan pemain terbanyak di dunia, geng. Sayangnya, Dota 2 kini menjadi game yang situsnya juga sempat diblokir oleh pemerintah Indonesia pada 30 Juli 2022.

Sebagai platform game terkemuka, penangguhan Dota 2 tidak hanya membuat marah netizen Indonesia, tetapi juga mengundang tim global pemain profesional Dota 2, Team Secret, untuk berkomentar.

Melalui akun Twitter resminya, Team Secret mengumumkan kepada para penggemarnya bahwa sejumlah platform pengguna tinggi di Indonesia telah diblokir. Tweet tersebut kemudian dibanjiri berbagai komentar dari netizen yang memprotes kebijakan PSE tersebut.

3. Counter Strike: serangan global

Counter-Strike merupakan game legendaris yang pertama kali dirilis pada tahun 1999. Game yang sangat legendaris ini memiliki banyak pemain dan penggemar di seluruh dunia.

Saat ini Counter-Strike telah memperkenalkan game versi keempatnya, Counter-Strike: Global Offensive yang dirilis oleh Valve pada tahun 2012. Karena popularitasnya, CS:GO juga menjadi salah satu game yang paling banyak dimainkan di Steam.

Oleh karena itu, tidak heran jika Counter Strike: Global Offensive dan Steam blockade membuat netizen protes. Menurut Tempo, saat ini tim Valve sedang mempersiapkan dokumentasi untuk melengkapi proses registrasi Steam dan CG:GO sebagai PSE Kementerian Komunikasi dan Informatika di luar negeri.

4. Epic Games

Selain Steam, situs Epic Games juga dilarang oleh pemerintah karena tidak terdaftar sebagai PSE. Akibat larangan ini, pemain di Indonesia yang menggunakan URL epicgames.com (Epic Games) juga tidak dapat menemukan informasi, mengunduh, dan membeli game baru melalui aplikasi tersebut.

Larangan ini memastikan bahwa pemain di Indonesia hanya dapat mengakses sejumlah game offline tertentu. Sementara itu, jika pemain mencoba memainkan game secara online, mereka tidak akan dapat mengaksesnya hingga Epic Games terdaftar sebagai PSE.

5. Origin

Origin adalah platform distribusi digital untuk membeli dan bermain video game yang dikembangkan oleh Electronic Arts. Origin mencakup fitur sosial, fungsionalitas streaming melalui Twitch, dan integrasi komunitas dengan situs jejaring seperti Facebook.

Origin Store memungkinkan pengguna untuk menelusuri dan membeli game dengan harga penuh dari katalog Electronic Arts. Anda juga dapat mengunduh game Origin langsung ke PC dan bermain dengan teman.

Sama seperti Epic Games, penangguhan Origin oleh Kominfo membuat pemain di Indonesia hanya bisa mengakses game offline tertentu juga.

Kata terakhir

Demikian pembahasan mengenai Situs dan Aplikasi yang Diblokir Kominfo, yang dimulai sejak 30 Juli 2022. Apakah ada situs atau aplikasi dalam daftar di atas yang sering Anda akses?

Menurut laporan, penangguhan akses situs Kominfo belum tentu permanen, artinya penangguhan ini bersifat sementara. Semoga ada kebijakan baru yang dapat mempermudah pemilik website, pengguna internet dan pemerintah dalam menghadapi PSE ini.

Bagaimana menurutmu?

Sumber :
sushikiosk.co.id
lingkarbelajar.id